Social Icons

Jumat, 05 Agustus 2011

TIPS Belajar Membaca Al Qur'an


  1. Kita harus mengetahui dan bisa bisa membaca huruf hijaiyyah yang berjumlah 28 huruf, apabila kita mengetahui dan bisa membaca 28 huruf hijaiyyah dengan benar, hal ini merupakan modal utama kita untuk bisa membaca alqur’an, karena isi alquran adalah bacaan yang didalamnya tersusun dari 28 huruf hijaiyyah.
  2. Kita harus mengetahui dan bisa menguasai tanda baca, yaitu, fathah, kasrah, dan dhommah.
  3. Kita harus mengetahui dan bisa menguasai mengenai isyarat baca di dalam alquran. didalam tata cara membaca alquran ada banyak isyarat tanda baca, seperti, Mad Arid Lissukun, Mad Wajib Muttasil, dll. Mad artinya tanda berhenti.
  4. Kita harus mengetahui dan bisa menguasai teknik membaca alquran, seperti Idgham, Qalqolah. Idgham adalah teknik membaca dengung, seperti halnya jika ada huruf hijaiyyah “nun” bertemu dengan “Mim”.  Untuk huruf qolqolah dapat disingkat dengan Baju ditoqo yaitu huruf Ba, Jim, Dal, Tho dan Qof
  5. Kita harus bisa memperaktekkan bacaan Al Qur'an. Seseorang tidak akan bisa membaca alquran dengan fasih jika tidak pernah mempraktekkannya. Bacalah Alquran secara rutin, sebelum waktu masuk subuh atau setelah maghrib adalah waktu yang bagus untuk membaca alquran. 
Demikian semoga ada manfaatnya dan marilah kita berdoa Robbanna zitna ilma warzuqna fahma...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates