Social Icons

Selasa, 15 Maret 2011

Adab masuk dan keluar Masjid

Beberapa hadits tentang adab masuk dan keluar Masjid.

"Artinya : Dari Abu Qatadah, ia berkata : Tatkala kami sedang sholat bersama Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, tiba-tiba beliau mendengar suara berisik orang-orang (yang datang). Maka ketika Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam telah selesai sholat, ia bertanya : "Ada apa dengan kamu tadi (berisik) ?". Mereka menjawab : "Kami terburu-buru untuk turut (jama'ah)", Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata : "Janganlah kamu berbuat begitu !. Apabila kamu mendatangi sholat, hendaklah kamu berlaku tenang ! Apa yang kamu dapatkan (dari sholatnya Imam), maka sholatlah kamu (seperti itu) dan apa yang kamu ketinggalan, sempurnakanlah !" (H.R. : Bukhari, Muslim dan Ahmad)

"Artinya : Dari Abu Hurairah dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam beliau bersabda : "Apabila kamu mendengar qamat, maka pergilah kamu ke tempat shalat itu, dan kamu haruslah berlaku tenang dan bersikap sopan/terhormat, dan janganlah kamu tergesa-gesa, apa yang kamu dapatkan (dari shalatnya Imam), maka shalatlah kamu (seperti itu) dan apa yang kamu ketinggalan sempurnakanlah". (H.R. : Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, Nasa'i dan Ahmad)

"Artinya : Karena sesungguhnya salah seorang diantara kamu, apabila menuju sholat, maka berarti dia sudah dianggap dalam sholat". (H.R. : Muslim).

"Artinya : Dari Abi Humaid atau dari Abi Usaid, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam : "Apabila salah seorang kamu masuk masjid, maka ucapkanlah : "Allahumma tahllii abwaaba rahmatika" (Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu)". Dan apabila keluar (dari masjid), maka ucapkanlah : "Allahumma inni as aluka min fadlika" (Ya Allah, sesungguhnya aku minta kepada-Mu dari karunia-Mu) ".(H.R. : Muslim, Ahmad dan Nasa'i).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates